Skip to main content

Cara Mendapatkan Ide Desain Rumah Minimalis dan Membangunnya

image-desain-rumah-minimalis

Siapa sih yang gak pengen punya rumah impian? Pasti gak ada kan gan, semua orang pasti menginginkan memiliki sebuah rumah impian yang dapat dihuni dengan nyaman beserta seluruh anggota keluarga tercinta.

Pada kesempatan kali ini saya ingin share sebuah tulisan perdana saya untuk membantu Anda dalam membangun sebuah rumah impian, mulai dari mendapatkan sebuah ide desain rumah minimalis hingga segala hal yang berkaitan dengan cara membangunnya.

O iya gan,, Untuk sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan Terimakasih tak terhingga telah sudi berkunjung di situs minimalis pribadi saya yang masih banyak kekurangan ini.

Jika ada sesuatu yang salah atau kurang silahkan diberi masukannya ya gan, karena saya disini hanya ingin berbagi sedikit pengalaman dalam membangun sebuah rumah.

Saya berharap, segala hal yang ada di situs ini dapat sangat membantu Anda dalam membangun sebuah rumah impian Anda kelak.

Sekarang kita masuk pada inti tulisan perdana saya kali ini yaitu agar Anda mendapatkan sebuah ide dari desain rumah yang Anda impikan dan juga akan saya tambahkan beberapa point-point penting dalam membangun sebuah rumah.

Agar tidak sulit difahami, akan saya bagi tulisan kali ini seperti beberapa bagian dibawah ini saja:

  • Perencanaan Pembangunan Rumah

  • Mendapatkan Ide Desain dan Membuatnya

  • Memilih Bahan dan Material

  • Menetapkan Kontraktor Pelaksana


Jadi akan saya bahas point-point tersebut dari atas hingga paling bawah, jika tulisan saya kurang jelas atau sulit difahami harap maklum ya gan (masih butuh banyak belajar menulis) ^_^

Mari kita bahas point penting yang pertama dalam pembangunan sebuah rumah minimalis impian.

PERENCANAAN PEMBANGUNAN RUMAH


 “Hasil yang maksimal, sudah bareng tentu memiliki sebuah perencanaan yang sangat maksimal juga”, maka dari itu sebuah perencanaan dalam pembangunan rumah juga sangat diutamakan. Tentu agan-agan sekalian juga sudah mengetahui akan hal itu.

denah-desain-rumah-minimalis

Sebuah perencanaan tersebut akan saya bagi lagi menjadi beberapa bagian pembahasan, yaitu:

  1. Menentukan luas bangunan

  2. Menetapkan batas dana dan Membuat RAB

  3. Membuat IMB

Sekarang, mari kita bahas satu persatu..

1. Menentukan luas bangunan


Sebelum menetapkan akan membangun sebuah rumah impian, tentunya sebuah lahan tanah juga sudah agan punya kan..!

Maka sangat penting untuk agan cek dan kroscek kembali lahan tanah milik agan tersebut sebelum memulai pembangunan.

Ukur kembali luas tanah tersebut dan mulailah memetakan posisi letak dan luas dari berbagai hal yang menyangkut dalam ruangan rumah Anda nanti seperti teras, ruang tamu, kamar dan lain sebagainya.
Buatlah sketsa sederhana dengan menyertakan ukuran dan susunan letak tiap ruangnya yang Anda inginkan.

Sketsa tersebut nantinya akan sangat berguna ketika Anda mencari sebuah desain rumah minimalis impian yang sesuai dengan apa yang Anda diinginkan.

Setelah semua sudah tersketsa, Anda akan mendapatkan hasil total dari keseluruhan luas bangunan yang nantinya akan menjadi sebuah rumah minimalis impian.


2. Menetapkan batas dana dan Membuat RAB


Setelah menentukan luas bangunan, Anda tentunya harus menetapkan pula batas maksimal dari dana yang akan Anda keluarkan dari pembangunan rumah tersebut nantinya.

batas-dana-rumah-minimalis


Silahkan ditotal melalui luas bangunan yang sudah Anda tentukan sebelumnya dengan harga perkiraan sementara seperti biaya pembelian berbagai material dan juga biaya upah pengerjaan pembangunan tersebut.

Agar lebih mudah mendapatkan total biaya, saya sarankan untuk menemui seorang kontraktor yang sudah berpengalaman dalam membangun sebuah rumah yang ada didaerah Anda.

Tanyakan biaya upah pengerjaan dan juga perkiraan biaya pembelian segala kebutuhan materialnya.

Nah.. ketika Anda menemui seseorang tersebut janganlah lupa membawa sketsa sederhana yang sebelumnya Anda buat, perlihatkan dan sebutkan total luas bangunan yang Anda inginkan.

Misalkan luas bangunan yang Anda ingin bangun berjumlah 75 meter persegi, dan biaya upah pengerjaan seandainya Rp. 700.000,- permeter persegi, maka dana yang harus Anda siapkan sebelumnya untuk biaya upah pengerjaan adalah sebesar Rp. 52.500.000,-

(Rp. 700.000  X  75  = Rp. 52.500.000)


Sedangkan untuk biaya pembelian bahan dan segala materialnya seandainya diperkirakan Rp. 1,5 juta permeter persegi berarti dana yang diperlukan untuk hal itu sebesar Rp. 112.500.000,-

(Rp. 1.500.000  X  75  = Rp. 112.500.000)


Total biaya upah + biaya bahan sebesar Rp. 165.000.000,-

biaya-desain-rumah-minimalis


Dengan cara ini Anda akan lebih terbantu dan lebih mudah mendapatkan total perkiraan dana yang akan Anda habiskan kelak.

Setelah itu Anda dapat membuat sebuah catatan lebih mendetail lagi atau dalam istilah ilmu sipil ialah RAB yaitu Rencana Anggaran Biaya, hal ini jika Anda tidak menginginkan kontrak bersih keseluruhan dengan pihak kontraktor pembangunan atau biasa kita sebut dengan istilah terima kunci.

Istilah terima kunci atau bersih ini sering kita temukan diberbagai lokasi perumahan-perumahan yang ada disekitar kita.

Jika Anda menginginkan terima kunci atau bersih tersebut, maka Anda cukup memberikan semua dana yang diminta oleh si kontraktor pelaksana pembangunan.

Jika tidak..! RAB akan lebih membantu Anda dalam hal mengetahui biaya masing-masing item material maupun biaya upah pengerjaan dari sebuah rumah minimalis impian Anda dengan lebih mendetail.

Atau, RAB bisa juga Anda jadikan sebagai kontrak kerja dengan kontraktor pelaksana pembangunan rumah minimalis impian Anda.

3. Membuat IMB


Kita sebagai warga Negara yang patuh pada peraturan daerah, maka IMB harus kita miliki sebelum memulai sebuah pembangunan.

Membuat IMB tidaklah sulit, Anda cukup mendatangi kantor Dinas Perijinan atau biasa desebut dengan KP2T dan mulailah dengan mengisikan data lengkap pada  formulir pembuatan IMB tersebut dan memenuhi segala macam persyaratannya.

Pada pembuatan IMB, Anda juga akan dikenakan pembayaran pajak atas berdasarkan luas bangunan yang akan Anda bangun kedepannya.

Setelah semua tahapan dalam perencanaan pembangunan rumah minimalis tersebut terpenuhi, sekarang kita masuk pada pembahasan selanjutnya yaitu:


MENDAPATKAN IDE DESAIN DAN MEMBUATNYA


ide-desain-rumah-minimalis
Proses pembangunan rumah impian Anda tersebut tentunya tidak luput dari sebuah desain rumah yang akan dijadikan sebuah acuan atau biasa disebut dengan istilah gambar kerja oleh para pelaksana pembangunan.

Kali ini akan saya share cara mudah untuk mendapatkan hal tersebut.

Mulailah untuk mendapatkan ide desain rumah Anda tersebut dengan cara yang sangat sederhana dan mudah.

Bisa Secara Online..!


Seperti mengumpulkan beberapa gambar contoh dari berbagai sumber online seperti situs ini yang dapat membuka dan menambah ide Anda dalam menentukan sebuah desain rumah impian keluarga, atau Anda juga bisa memanfaatkan mesin pencarian gambar Google.

Atau Secara Offline..!


Seperti membeli sebuah majalah khusus yang membahas berbagai hal tentang rumah minimalis idaman semua orang.

Dan kali ini akan saya bagikan pula salah satu contoh rumah minimalis buatan saya yang mungkin dapat membantu Anda untuk mendapatkan ide dari desain rumah yang akan Anda bangun.

denah-desain-rumah-minimalis


tampak-desain-rumah-minimalis

Selanjutnya, Apakah dari pengumpulan contoh-contoh desain tersebut sudah memenuhi point-point dari desain rumah minimalis yang Anda inginkan?

Setelah beberapa contoh desain yang sesuai dengan point keinginan Anda terkumpul, maka mulailah membuat sebuah gambar utuh dari gabungan beberapa sumber contoh itu.

Jika Anda tidak bisa, maka Anda dapat membayar seseorang yang memang ahli dalam bidang tersebut.

Atau saya sarankan Anda memakai jurus metode KTP saja (Amati, Tiru, Modifikasi).. ^_^

Anda dapat membuatnya sendiri juga dengan mudah gan, menggunakan aplikasi 3D Sketchup ataupun AutoCAD, tutorialnya banyak.. silahkan agan search aja dipencarian atau di gudang video seperti Youtube. :D

Saya juga menggunakan aplikasi Sketchup untuk keperluan situs saya ini.. :)

Menurut saya lebih mudah dan tidak kalah sama AutoCAD yang sudah sekian lama melintang dalam hal desain sebuah bangunan.

Atau jika Anda lagi beruntung, Anda akan langsung mendapatkan sebuah contoh desain dan sudah memenuhi dengan apa yang Anda inginkan, maka Anda tidak perlu repot lagi membuat sebuah desain rumah tersebut.

Seperti tata letak ruang yang sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan..

Luas bangunannya juga sesuai dengan apa yang Anda harapkan..

Dan tentunya dapat Anda miliki dengan mudah..


Inilah salah satu alasan saya membuat blog www.bangsafelink.com, agar Anda lebih terbantu dan tidak repot lagi untuk mendapatkan sebuah desain rumah impian Anda.

MEMILIH BAHAN DAN MATERIAL


material-rumah-minimalis

Next… Selanjutnya kita masuk ke pembahasan memilih bahan dan material, hal ini yang akan menentukan kualitas dari sebuah bangunan nantinya.

Terutama untuk hal material pekerjaan beton cor..!

Seperti pekerjaan pemasangan batu pondasi, slob, tiang, pekerjaan dinding dan lain sebagainya yang berhubungan dengan adukan semen.

Pilihlah material yang benar-benar berkualitas, asalkan Anda jeli melihat pasar, maka tidaklah mustahil Anda akan mendapatkan harga miring dengan kualitas material terbaik.

Jangan sepelekan material yang bercampur lumpur, seperti material pasir yang banyak mengandung lumpur dan lain sebagainya. hal inilah yang sering membuat beton menjadi tidak kokoh dan cepat retak.

Ataupun memilih batu cor yang juga tidak bersih, maka saya sarankan lebih baik membeli batu split apabila Anda tidak ingin repot mencuci batu cor yang bercampur dengan lumpur.

Sebuah rumah impian tentunya tidak hanya mementingkan segi keindahan desainnya saja, tapi juga dari segi kekuatan dan kokohnya rumah tersebut.

Setelah beberapa tahapan awal dalam membangun rumah terpenuhi dengan baik yaitu perencanaan, mendapatkan desain rumah minimalis, dan juga yang baru saja kita lewati adalah memilih bahan dan material.

Selanjutnya Anda tinggal menetapkan kontraktor pelaksana pembangunan rumah tersebut agar terlaksana dengan baik, rapi dan dengan hasil memuaskan.

MENETAPKAN KONTRAKTOR PELAKSANA


kontraktor-rumah-minimalis

Bagian ini yang juga akan menentukan sebuah hasil akhir yang sangat berpengaruh terhadap keindahan sebuah bangunan.

Kontraktor disekitar kita sangatlah banyak, akan tetapi pilihlah seseorang yang memang sudah ahli dalam bidang tersebut. Dengan pengalaman mengerjakan sebuah pembangunan lebih dari puluhan tahun.

Jika Anda berniat akan mendatangi seseorang yang bergelut dibidang kontraktor pembangunan, maka mintalah beberapa arsip pekerjaan yang pernah mereka selesaikan.

Jangan terburu-buru..!

Kumpulkan beberapa pilihan dan bandingkan harga dan juga intip beberapa contoh dari hasil pekerjaan yang pernah mereka selesaikan.

Apabila dirasa perlu, cobalah tanya segala hal terkait dengan mereka kepada beberapa orang yang pernah memakai jasa mereka sebelum menjatuhkan pilihan dan menetapkan salah satunya untuk melaksanakan pembangunan.

Setelah Anda menentukan pilihan maka Anda akan dapat segera memulai pembangunan, menanti penyelesaian segala proses pembangunan dan kemudian menikmati hasil akhir selesainya pekerjaan rumah minimalis impian Anda itu.

Semoga tulisan tentang cara mendapatkan ide desain rumah minimalis dan cara membangunnya ini dapat membantu siapapun dan dimanapun Anda berada. Selamat membangun.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar