Skip to main content

Download Gambar Kerja Desain Rumah Minimalis 3 Kamar #AM01

desain-rumah-minimalis-3-kamar

Pada postingan terdahulu, saya memberikan contoh menggunakan desain rumah minimalis 3 kamar #AM01 hanya berupa denah dan tampaknya saja, rasanya kurang lengkap bukan?

Nah.. sekarang akan saya share kembali gambar kerja desain rumah minimalis tersebut berupa gambar 3D.

Tapi sebelumnya perlu saya jelaskan, desain saya ini hanya berdasarkan ukuran yang timbul dari asumsi pribadi saja, dan saya buat menggunakan aplikasi 3D yaitu SKETCHUP 2016.

Jadi, jika agan merasa ukuran yang saya cantumkan kurang sesuai dilapangan atau dengan keinginan Anda maka silahkan direvisi sesuai keinginan Anda.

Berikut saya share kembali desain rumah minimalis #AM01, silahkan agan simak mulai dari gambar denah dan tampaknya. ^_^

denah-desain-rumah-minimalis-3-kamar

tampak-desain-rumah-minimalis-3-kamar

Seperti yang saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang cara mendapatkan ide desain rumah minimalis, desain ini memiliki total luas bangunan dan ditambah dengan luas teras yaitu berjumlah 105 m2.

Dibangun diatas lahan berukuran 10 X 20 meter dan memiliki 3 kamar, untuk ruang tidur utama memiliki KM/WC agar dihuni dengan nyaman oleh Anda sebagai kepala keluarga.

Selain itu, desain kali ini juga memiliki ruang tamu, ruang keluarga dan juga ruang dapur yang cukup luas dengan meja makan yang saya kira cukup untuk makan bersama dengan semua anggota keluarga tercinta.

Sekarang kita langsung saja masuk pada tahap pendahuluan yaitu pengerjaan pondasi. Berikut gambar kerjanya:

pondasi-desain-rumah-minimalis-3-kamar

Total ukuran tinggi pondasi 70cm, dan 50cm diatas tanah.

Pada desain rumah minimalis 3 kamar kali ini, saya membuat pekerjaan galian tanah untuk pondasi hanya sedalam 20cm. dan ukuran kedalaman galian tersebut saya asumsikan dengan lokasi tanah yang cukup keras.

Jika tanah pada lokasi yang akan Anda bangun tidak keras ataupun lembek, maka saya sarankan untuk menambahkan lagi kedalaman pada pekerjaan galian tanah tersebut.

slob-desain-rumah-minimalis-3-kamar

Setelah pondasi, maka selanjutnya pengerjaan slob, tiang, ringbalk dan juga dinding dapat dikerjakan sesuai dengan ukuran yang sudah ditetapkan.

tiang-desain-rumah-minimalis-3-kamar

tiang-b-desain-rumah-minimalis-3-kamar

dak-cor-desain-rumah-minimalis-3-kamar

ring-balk-desain-rumah-minimalis-3-kamar

ring-balk-2-desain-rumah-minimalis-3-kamar

dak-cor-kamar-desain-rumah-minimalis-3-kamar

lantai-kamar-desain-rumah-minimalis-3-kamar

letak-kusen-desain-rumah-minimalis-3-kamar

detail-kusen-desain-rumah-minimalis-3-kamar

detail-kusen-2-desain-rumah-minimalis-3-kamar

detail-dinding-desain-rumah-minimalis-3-kamar

detail-dinding-tambahan-desain-rumah-minimalis-3-kamar

detail-jarak-desain-rumah-minimalis-3-kamar

atap-desain-rumah-minimalis-3-kamar

detail-atap-desain-rumah-minimalis-3-kamar

detail-atap-desain-rumah-minimalis-3-kamar

Saya rasa cukup sampai disini dulu gambar kerja desain rumah minimalis 3 kamar yang dapat saya share, mungkin ada beberapa hal yang belum sempat saya buat seperti detail instalasi pekerjaan listrik dan juga pekerjaan sanitair.

Silahkan download gambar kerja versi PDF di link DOWNLOAD yang ada pada paling bawah tulisan saya kali ini.

NEXT….

Seberapa bermanfaat sih adanya sebuah gambar kerja pada sebuah proyek pembangunan?

Nah, kali ini akan saya sertakan juga beberapa manfaat yang akan kita dapatkan pada sebuah gambar kerja yang akan membantu Anda ketika membangun sebuah rumah impian.

Silahkan disimak dan jangan dilewatkan gan.. ^_^

  • Acuan para pekerja

  • Mengetahui  volume dari sebuah bangunan

  • Keperluan membuat RAB

  • Mempermudah menyiapkan kebutuhan material pembangunan

  • Menjadikan pekerjaan lebih efisein dan optimal.


ACUAN PARA PEKERJA


acuan-pekerjaan

Anda tentunya tidak ingin repot dalam hal memperjelas dalam menangani segala hal pembangunan yang Anda inginkan bukan, maka gambar kerja dapat mewakili untuk memperjelas bagaimana dan seperti apa yang Anda inginkan.

Para pekerja tidak lagi kebingungan untuk melaksanakan segala macam pekerjaan yang akan mereka lakukan, karena sudah tertuang dalam sebuah gambar kerja yang detail hingga dan tentunya tidak sulit untuk difahami mereka.

Seperti contoh desain rumah minimalis modern kali ini, sekiranya sudah dapat menjelaskan apa yang Anda inginkan untuk rumah impian Anda bukan.!

Dari sinilah peran sebuah gambar kerja, menjadi sebuah acuan penting untuk para pekerja dilokasi pembangunan.

MENGETAHUI VOLUME DARI SEBUAH BANGUNAN


Anda akan sangat terbantu dengan adanya gambar kerja yang menjadi sebuah acuan pembangunan, selain itu Anda juga dapat mengetahui segalam macam volume dari bangunan tersebut dengan mudah.

Seperti contoh sederhana dalam hal mengetahui seberapa banyak kusen yang diperlukan dalam pembangunan rumah minimalis impian Anda.

Atau Anda ingin mengetahui seberapa besar jumlah volume atap yang akan Anda bangun. Anda cukup membuka gambar kerja dan menghitungnya dengan sangat mudah.


KEPERLUAN MEMBUAT RAB (RENCANA ANGGARAN BIAYA)


arsitekJika Anda berniat untuk membuat sebuah RAB maka Anda tentunya juga harus membuat sebuah gambar kerja, entah itu dari hasil Anda sendiri ataupun dari orang lain yang memang sudah ahli dibidangnya seperti para konsultan proyek pembangunan maupun seorang insinyur arsitektur.

Gambar kerja akan memudahkan dalam proses mendapatkan sebuah volume yang kemudian dapat dimasukkan dalam sebuah RAB  yang nantinya dapat dihitung hingga kita mendapatkan detail biaya upah pekerja maupun bahan.

Menurut saya yang sangat terbatas dalam hal membuat gambar kerja, membuat gambar kerja tidaklah terlalu sulit, seperti yang baru saja saya posting gambar kerja desain rumah minimalis modern #AM01.

Cukup menggunakan aplikasi 3D seperti Sketchup yang saya pakai kali ini atau Anda juga bias mencobanya menggunakan aplikasi AutoCAD seperti para arsitek diluaran sana.

Dalam aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai tools yang dapat memudahkan Anda mengetahui volume ditiap masing-masing gambar pekerjaan yang akan dibangun.

Kalau saya bahas disini mungkin akan kepanjangan, jika ada kesempatan, nanti akan saya buatkan postingan khusus tentang cara mengetahui sebuah volume tiap masing-masing pekerjaan pada sebuah konstruksi bangunan.

MEMPERMUDAH MENYIAPKAN KEBUTUHAN MATERIAL PEMBANGUNAN


Selain RAB, dengan gambar kerja Anda juga akan terbantu dengan mudah ketika ingin mempersiapkan segala kebutuhan material pembangunan rumah impian tersebut.

Cukup dengan melihat gambar kerja Anda akan segera mengerti apa saja yang perlu dipersiapkan dan dibeli untuk para pekerja dilapangan. Seperti segera memesan kusen dengan ukuran yang sesuai dengan yang sudah tertera pada gambar kerja.

Atau seperti mempersiapkan segala kebutuhan pekerjaan lantai seperti membeli pasir, semen dan keramik dengan ukuran yang mensesuaikan pada keterangan gambar kerja.

MENJADIKAN METODE PEKERJAAN LEBIH EFISIEN DAN OPTIMAL


efisien-dan-optimal

Dengan adanya sebuah gambar kerja, tentulah akan mempermudah mendapatkan sebuah metode yang akan dilaksanakan pada pekerjaan pembangunan rumah impian Anda kelak.

Metode yang bagus tentunya dapat dibantu dengan sebuah gambar kerja yang memungkinkan seseorang menyusun dengan seksama pekerjaan apa saja yang lebih didahulukan dan dikerjakan diakhir.

Dan tentulah dengan gambar kerja yang sangat detail dan mempunyai segala keterangan yang lengkap agar para pekerja tidak kesulitan dalam memahaminya.

Dengan demikian maka pekerjaan pembangunan tersebut akan lebih efisien dan optimal tanpa adanya sebuah kesalahan yang dapat memperlambat ataupun menghambat dalam proses pengerjaan selanjutnya pada rumah tersebut.

Dalam hal ini saya berikan contoh pekerjaan instalasi listrik yang memerlukan sebuah acuan gambar kerja yang detail.

Jika sudah ditentukan titik lampu dan juga sakelarnya maka para pekerja akan terbantu menentukan pekerjaan pemasangan pipa yang akan diperlukan dalam penanaman kabel listrik, tentunya lebih dulu dikerjakan sesudah pemasangan bata dinding sebelum pekerjaan plesteran dan acian dilakukan.

Hal tersebut tentunya membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan optimal, dibandingkan dengan menghancur plesteran pada dinding yang akan diletakkan pipa saluran kabel listrik karena tidak adanya sebuah acuan gambar kerja.

Selain dari beberapa manfaat yang saya bahas disini, tentulah ada banyak lagi manfaat yang kita dapatkan ketika membangun sebuah rumah impian dengan adanya gambar kerja.

Silahkan ditambahkan pada kolom komentar sekiranya Anda mempunyai beberapa catatan penting tentang adanya sebuah gambar kerja pada sebuah pembangunan rumah. Dan tentunya saya akan sangat berterima kasih. ^_^

Saya rasa membuat gambar kerja seperti desain rumah #AM01 seperti diatas tidaklah sangat terlalu sulit, hanya memerlukan sedikit keinginan dan Anda mau belajar serta segera memulainya.

Cukup menggunakan sebuah aplikasi 3D seperti Sketchup, Anda akan terbantu dalam hal tersebut. Dan jangan khawatir pula gan, di internet sangat banyak toturial tentang Sketchup arsitektur. Search aja gan.. :)

Dan jika agan berminat dengan gambar kerja rumah minimalis buatan saya ini, Anda bisa download versi PDF nya agar lebih mudah menyimpannya didalam komputer Anda.

Atau jika Anda ingin menggunakan file Sketchup dari desain rumah minimalis 3 kamar #AM01 saya ini, silahkan download juga pada HALAMAN DOWNLOAD diblog ini. ^_^


Dan  jika artikel saya ini bermanfaat silahkan bagikan pada profil social media Anda dan boleh juga Anda copy paste untuk blog pribadi dengan syarat mencantumkan narasumber kehalaman saya ini ya gan.. “NO PLAGIAT” hehe..

SEMOGA BERMANFAAT, SELAMAT BERKARYA DAN MEMBANGUN RUMAH IMPIAN ANDA. 

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar